Fakta Menarik Tentang Zeref, Identitas dan Masalalunya Kini Terungkap


Fakta Menarik Tentang Zeref, Identitas dan Masalalunya Kini Terungkap
Zeref Fairy Tail (Foto: Devianart)

KASPALA – Zeref, nama yang tidak terlalu asing di telinga para otaku, terutama mereka yang sangat menyukai dan merupakan penggemar dari serial manga Fairy Tail karangan Hiro Mashima yang saat ini telah menginjak chapter ke 445.

Nama Zeref sendiri pertama kali muncul dikenal sebagai sosok penyihir hitam terkuat yang kerap menciptakan berbagai perangkat dan makhluk sihir yang mematikan dan bersifat jahat. Ketika itu, Zeref mendapat gambaran sebagai sosok iblis. Penyihir jahat yang mengerikan.

Namun semua itu berubah ketika cerita mulai memasuki Tenrou Arc atau juga dikenal sebagai Acnologia Arc, karena pada sesi cerita tersebut, dikisahkan pertemuan antara Zeref dengan Fairy Tail untuk pertama kalinya. Dan terungkap adanya hubungan antara Fairy Tail, Zeref, Acnologia dan Natsu.

Beberapa saat setelah cerita ini dimulai, para fans yang mengidolakan Zeref mulai muncul, dan gambaran Zeref sendiri tampak berubah dari yang sebelumnya memiliki sosok iblis, malah menjadi sosok seorang yang menanggung banyak penderitaan. Sehingga mengundang banyak simpati dari para pembaca.

Berbagai rumor dan kisah atau fan-fic yang beredar, terkait masa lalu dan identitas sebenarnya dari Zeref ini. Maklum saja, Zeref memang digambarkan sebagai sosok misterius yang telah hidup selama lebih dari 400 tahun dan menyimpan misteri yang amat besar.

Pertama, kemunculan Acnologia setelah dipanggil namanya oleh Zeref telah memunculkan dugaan, bahwa Zeref sebenarnya merupakan hasil extract dari jiwa Acnologia. Dimana Zeref merupakan nurani Acnologia dan jiwa manusianya yang dilepas oleh Naga buas dan kejam tersebut. Sementara Acnologia sendiri merupakan sisi gelap dan kejam dari Zeref yang dikuasai nafsu membunuh yang luar biasa.

Namun belakangan ini, seusai berakhirnya Tartaros Arc yang mengisahkan pertarungan Natsu dan para iblis dari buku Zeref yang ingin membangkitkan END, iblis terkuat Zeref. Beberapa fakta mulai diungkap oleh Hiro Mashima sendiri.

1. Identitas Asli Zeref dan Masa Lalunya

Pertama adalah kebenaran tentang hubungan antara Natsu dan Zeref, yang menurut Zeref, Natsu-lah satu-satunya orang yang bisa membunuhya. Kebenaran ini sendiri diungkap oleh Mashima dalam sebuah special chapter yang terpisah dari cerita inti. Pada Chapter tersebut diceritakan mengenai masa kecil Zeref sebagai seorang mage (penyihir) jenius berbakat di sebuah kota kuno di masa lalu. Kala itu, Zeref sering kali melakukan berbagai penelitian dan eksperimen mengenai kehidupan dan kematian.

Hal ini mengundang kagum sejumlah orang, namun juga sekaligus mengundang penolakan dari sejumlah guru dan dewan di akademi tempatnya belajar, karena apa yang dipelajari Zeref kala itu merupakan hal yang tabu dan merupakan asal muasal dari sihir hitam yang akan dikenal di masa mendatang. Ternyata, Zeref menciptakan berbagai teori seperti Eclips sejak ia masih belia.

Menurut salah satu mentornya, hal ini dilakukan Zeref tidak lain demi menghidupkan adik kandungnya yang meninggal sejak beberapa saat setelah dilahirkan. Dan ternyata, adik kandung Zeref tersebut tidak lain adalah Natsu Dragneel, dan nama Zeref sendiri adalah Zeref Dragneel. Di sini juga diterangkan, bahwa arti kata END pada kitab terakhir Zeref juga mengacu pada nama Etherious Natsu Dragneel.

2. Tidak Ada hubungan Antara Zeref dengan Acnologia

Zeref yang sebelumnya diduga sebagai belahan jiwa dari Acnologia ternyata kini terbukti tidak benar. Dalam sebuah chapter yang juga muncul di akhir Tartaros Arc, diketahui bahwa Zeref mencoba untuk menemui Acnologia yang tengah terluka setelah melawan Ignel.

Acnologia kali ini tampil dalam bentuk berbeda, yakni bentuk manusia, dengan kondisi mengenaskan dimana salah satu lengannya tampak lepas. Kala itu, terungkap bahwa hubungan antara Zeref dan Acnologia sendiri tidaklah terlalu biak. Mereka juga mengatakan sesuatu mengenai pertempuran antara manusia abadi (Zeref), Raja Para Naga (Acnologia) dan Manusia (mungkin Fairy Tail termasuk). Dan di chapter 445 ini juga diceritakan tentang nama dari perang tersebut yang dikenal sebagai festival raja naga. Dan tujuan Zeref membangun kerajaan Arbaless tidak lain adalah untuk mengimbangi kekuatan dari Acnologia yang mana mengisyaratkan tujuannya untuk mengalahkan Acnologia.

3. Zeref Merupakan Guru dari Para Pendiri Fairy Tail

Sebenarnya kisah ini diceritakan pada spin-of lain dari Fairy Tail yang diberi judul Fairy Tail Zero, yang mengisahkan mengenai pendiri sekaligus master pertama Fairy Tail, Mavis. Di sini diceritakan, bahwa orang yang mengajari Mavis dan semua pendiri Fairy Tail termasuk master kedua adalah Zeref sendiri.

Sementara pada cerita intinya, dikatakan bahwa semua pendiri Fairy Tail (kecuali Purehito yang kemungkinan sudah dibunuh Zeref) ternyata masih hidup. Termasuk Yuri dan Warrod yang ternyata masih hidup dan kini menduduki tempat sebgai dua dari 10 penyihir suci Ishgard. Namun malah muncul satu misteri lagi, tentang Dewa Serena yang masih belum diketahui identitasnya, yang pindah ke pihak Arbaless. Kemungkinan ini juga akan menjadi kejutan.

Update: Ada kesalahan. Yakni bahwa Yuri yang masih hidup bisa dikatakan baru rumor saja. Karena di kedua manga (spon-off dan manga utama), Yuri dikatakan meninggal dunia dan adalah ayah dari master ke-3, Makarov. Dan yang memiliki wajah mirip Yuri ini adalah Dewa Serena.

4. Keabadian Zeref

Pada cerita tambahan yang mengisahkan masa lalu Zeref tersebut, diceritakan bahwa sihir yang disebut Zeref sebagai kutukan, yakni yang akan menelan setiap kehidupan di sekitarnya ternyata pertama kali bangkit ketika mentor Zeref melarangnya untuk terus mencoba menghidupkan kembali adik kesayangannya, Natsu Dragneel. Ketika itu, ia kehilangan kesadaran dan membuat seisi kota meninggal dunia.

Karena inilah, ia menganggap kekuatan yang ia miliki sekaligus keabadiannya merupakan kutukan dari Dewa, yang marah karena ia bermain-main dengan kehidupan dan kematian. Setelah menghidupkan Natsu, Zeref bagai kehilangan arah dan tujuan hidupnya. Ia selalu berharap agar ia segera bertemu kembali dengan Natsu dan dapat dibunuh oleh adiknya sendiri, karena ia sudah tidak tahan lagi terus hidup dan mengambil kehidupan dari setiap makhluk di sisinya.

Namun belakangan ini, tepatnya setelah terjadinya peristiwa amukan naga pada kompetisi Daimatou Enbu pemikiran Zeref berubah. Ia kemudian memutuskan untuk membinasakan umat manusia. Saat itu juga Mavis muncul dan mencoba bicara padanya. Meski Zeref tidak bisa melihatnya, ia masih bisa merasakan kehadiran Mavis dan sempat beradu paham dengannya. Mavis kemudian menjanjikan bahwa Fairy Tail akan menghentikan rencana Zeref nantinya.

Nah, demikianlah beberapa fakta menarik mengenai Zeref yang terungkap beberapa waktu ini. Kita masih belum tahu akan seperti apa dan kemana cerita ini akan berjalan. Namun sebagai fans dan sebagai manusia, kita masih punya hak untuk membayangkan dan memprediksi, alur cerita di kemudian hari. Dan tentunya hanya sekedar untuk fun, bukan berkelahi.

Hiro Mashima memang gemar menyuguhkan berbagai misteri dan kejutan menarik di manga karangannya ini. Mungkin, inilah salah satu sisi yang membuat kita selaku pembaca, benar-benar menggemari Fairy Tail dan terus mengikuti ceritanya.

Fakta Menarik Tentang Zeref, Identitas dan Masalalunya Kini Terungkap

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in