Pesona Kampung Adat Kuta, Kampung Budaya di Kabupaten Ciamis


Pesona Kampung Adat Kuta, Kampung Budaya di Kabupaten Ciamis
Kampung Adat Kuta

BERITA CIAMIS (KASPALA) – Pernah dengan nama Kampung Adat Kuta? Jika anda warga Ciamis, maka nama ini pastinya tidak asing lagi dengan nama ini. Karena Kampung Adat Kuta sendiri merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Kabupaten Ciamis. Dimana di sana, para penduduk Kampung Kuta masih memegang teguh budaya dan tradisi peninggalan leluhur mereka.

Ya, sebagaimana kampung adat lainnya, Kampung Kuta ini masyarakat di Kampung Adat Kuta ini memiliki keteguhan yang sangat kuat, dalam memegang, menjaga dan memelihara segala sesuatu yang ditinggalkan nenek moyang mereka. Mulai dari ajaran, gaya hidup, pepatah hingga aturan di dalam desa. Di Kampung Adat Kuta ini juga terdapat sebuah hutan lindung yang “dikeramatkan” warga sekitar. Namun bukan dalam artian gaib dan lainnya, melainkan dalam makna yang cukup masuk akal.

Selain menyuguhkan pemandangan hutan nan rimbun dan asri, Kampung Adat Kuta juga menawarkan pemandangan dari pemukiman unik, dengan atap berbahan ijuk atau rumbia, serta dinding rumah berbahan bambu dan kayu. Serta kehidupan dari kampung adat, yang memang tidak mempergunakan berbagai peralatan modern seperti yang digunakan masyarakat sekitar Kampung Kuta lainnya.

Kampung Kuta ini sendiri berlokasi di desa dan Kecamatan Tambaksari, sekitar 37 km ke arah utara dari Kota Kabupaten Ciamis. Untuk menuju ke daerah tersebut, Anda dapat naik kendaraan umum jurusan Kecamatan Rancah atau Tambaksari, dan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan roda dua atau ojek.

Bukan tanpa alasan Kampung Kuta ini dikatakan sebagai kampung adat. Kampung Adat Kuta ini memenuhi semua persyaratan sebagai kampung adat. Mulai dari arsitektur dan bentuk bangunan rumah yang sama, adanya ketua adat, dan masih dipegangnya tradisi dan adat istiadat yang dipegang teguh masyarakat, yang mengikat setiap aktivitas dan kegiatan masyarakat di Kampung Kuta ini.

Warga masyarakat Kuta hingga saat ini masih memegang teguh ajaran dan warisan leluhur mereka. Dan mereka juga meyakini, bahwa jika aturan ini dilanggar, maka kampung mereka ini akan dikenai musibah.

Salah satu aturan yang masih diterapkan diantaranya adalah aturan dalam pembangunan rumah. Dimana warga kuta hanya boleh membuat rumah dalam bentuk rumah panggung, dengan model persegi panjang, serta tanpa menggunakan tembok maupun tanah. Atapnya sendiri harus dibuat dari bahan rumbia atau ijuk.

Di Kampung Adat Kuta juga terdapat hutan keramat yang sangat dijaga kelestarian dan keasliannya. Hutan keramat ini sendiri sering kali dikunjungi oleh masyarakat dari luar kampung. Beberapa datang untuk mencari berkah dan mengharap keberuntungan. Namun awas, karena hutan ini juga memiliki sejumlah peraturan dan larangan, yang jika dilanggar, dipercaya bakal membawa sial atau malapetaka bagi si pelanggar dan warga Kampung Kuta sendiri.

Adapun larangan yang tidak boleh dilanggar tersebut diantaranya adalah:

  • Dilarang mengharapkan sesuatu yang bersifat serakah seperti harta, kekayaan dll.
  • Dilarang merusak atau memanfaatkan seisi hutan
  • Dilarang memakai pakaian dinas
  • Dilarang memakai pakaian serba hitam
  • Dilarang membawa tas
  • Dilarang membawa perhiasan
  • Dilarang Meludah di dalam hutan
  • Dilarang buang air kecil dan besar
  • Serta larangan lainnya

Selain banyaknya larangan di hutan ini, masyarakat atau pengunjung juga hanya diizinkan memasuki hutan pada waktu tertentu saja. Karena ada beberapa waktu dimana hutan tidak boleh dikunjungi. Misalnya di hari Jum’at.

Namun ketika memasuki hutan, anda sudah pasti akan rela mengikuti semua aturan tersebut. Karena hutan di Kampung Kuta ini memberikan sensasi yang asri dan keindahan, yang tidak dapat anda rasakan di hutan maupun lokasi lainnya. Percaya tidak percaya, coba saja sendiri.

Update informasi seputar berita Ciamis terkini melalui portal http://www.harapanrakyat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesona Kampung Adat Kuta, Kampung Budaya di Kabupaten Ciamis

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in