Yuk Mengenal Bulan Hijriah dan Makna Dibaliknya


KASPALANama-nama bulan Hijriyah. Teman-teman udah pada tahu belum nama-nama bulan dalam Islam? Mimin sih yakin temen-temen semua sejak kecil udah pada tahu dan gak asing lagi sama bulan-bulan Islam. Cuma mungkin seiring berjalanya usia, kita jadi lupa deh hehehe.

But dont worry, artikel kali ini mimin bakal membahas tentang arti dan nama-nama bulan dalam Islam.

1. Muharram

Bulan Muharram ini merupakan bulan pertama yang ada dalam kalender hijriah. Muharram berasal dari bahasa Arab yang artinya “terlarang”. Jadi pada bulan ini, menurut tradisi Arab diharamkan atau dilarang untuk menumpahkan darah dan berperang.

Bulan Muharram ini termasuk ke dalam bulan-bulan yang sangat dianjurkan untuk umat Islam memperbanyak amalan-amalan.

2. Shafar

Bulan yang selanjutnya adalah Bulan Shafar. Shafar sendiri artinya adalah tiupan angin atau kosong. Dinamakan Shafar karena pada bulan ini masyarakat Arab meninggalkan rumah-rumah mereka untuk merantau, berniaga ataupun berperang.

3. Rabi’ul Awal

Berasal dari kata Rabi’ artinya menetap dan Awal artinya pertama. Maksudnya masa kembalinya kaum laki-laki dari merantau baik itu perang maupun berniaga. Bulan ini juga bisa diartikan sebagai musim bunga yang pertama.

Pada bulan ini banyak terjadi peristiwa-peristiwa besar bagi umat Islam seperti, pada bulan ini Nabi Muhammad SAW dilahirkan tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul Awal.

Kemudian diangkat menjadi seorang Rasul tepatnya pada tanggal 9 Rabi’ul Awal. Dan Nabi Muhammad wafat juga pada bulan ini tepatnya tanggal 12 Rabi’ul Awal juga.

4. Rabi’ul Akhir

Bulan selanjutnya adalah Rabi’ul Akhir atau bisa disebut juga Rabi’ul Tsani yang artinya musim bunga yang kedua. Pada bulan ini juga merupakan masa penghabisan menetap bagi kaum laki-laki.

5. Jumadil Awal

Jumadil Awal. Jumadi artinya kering dan Awal artinya pertama. Jadi pada bulan ini merupakan awal musim kemarau di mana mulai menimbulkan kekeringan.

BACA JUGA : Niat Shalat Sunat Tarawih dan Doa Shalat Tarawih

6. Jumadil Akhir

Artinya bulan kedua musim panas. Atau biasa disebut juga dengan Jamada Tsani. Jamada sendiri artinya sejuk karena musim kemarau telah berakhir.

7. Rajab

Bulan ini termasuk ke dalam bulan empat yang sangat dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan ibadah kita. Bulan ini adalah bulan yang mulia dalam Islam bahkan pada sejak zaman jahiliyah dulu.

Rajab sendiri artinya adalah mulia. Dikenali sebagai Rajab Al-Fard. Fard sendiri artinya keseorangan/kesendirian. Karena karena tiga bulan suci yang lain berada jauh dan berturutan dibandingkan bulan Rajab yang berada ditengah.

8. Sya’ban

Artinya adalah berkelompok. Karena pada bulan ini masyarakat Arab biasanya berkelompok untuk mencari nafkah. Ada salah satu peristiwa penting yang terjadi pada bulan ini adalah pemindahan kiblat dari Masjid Al-Aqsa ke Ka’bah (Baitullah).

Pada bulan ini juga dianjurkan untuk lebih memperbanyak amalan-amalan ibadah kita karena mendekati bulan puasa.

9. Ramadhan

Ramadhan artinya sangat panas. Bulan Ramadhan ini menjadi satu-satunya bulan yang disebutkan dalam Al-Quran yang merupakan bulan yang penuh kesucian, penuh keutamaan dan penuh keistimewaan.

Pada bulan ini kita diwajibkan berpuasa penuh bagi orang-orang yang sudah baligh. Sebagaimana firman Allah yang termaktub dalam Q.S Al-Baqarah ayat 183 dan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Siapa yang berpuasa penuh di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan niscaya akan diampuni segala dosanya yang telah lalu.”

10. Syawwal

Yang berarti kebahagiaan. Karena pada bulan ini bisa disebut sebagai bulan puncak kejayaan setelah kita berhasil berpuasa selama satu bulan penuh yang dirayakan dengan istilah Idul Fitri.

Idul Fitri atau sering disebut lebaran, umat muslim bergembira dengan saling bermaaf-maafan dengan kerabat dan bersilaturahmi bersama seolah-olah kita kembali menjadi fitri/suci dan dilahirkan kembali.

11. Dzulqa’dah

Berasal dari kata Dzul yang artinya pemilik dan Qa’dah duduk. Artinya pada bulan ini masyarakat Arab menikmati waktu mereka untuk beristirahat dan menghentikan semua aktivitas perniagaan mereka untuk mempersiapkan diri sebelum beribadah haji.

12. Dzulhijjah

Bulan terakhir di dalam kalender hijriah. Dzulhijjah sendiri artinya orang yang berhaji. Jadi pada bulan ini merupakan bulan untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5 yaitu beribadah haji.

Pada bulan ini juga umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha. Hari raya Idul Adha diperingati dengan ibadah puasa sunnah pada hari Arafah (tanggal 9 zulhijjah) sebelumnya. Dan hari raya idul Adha jatuh pada hari ke-10.

Idul Adha merupakan lebaran kurban dimana umat muslim shalat hari raya dan menyembelih hewan kurban sebagai bentuk mengingat terhadap kisah pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail a.s dalam Al Qur’an dan sebagai salah satu bukti keikhlasan dan ketaqwaan kita dalam menghidupkan syiar agama Islam.

Nah itulah nama-nama bulan dalam Islam beserta artinya. Sekarang teman-teman udah pada tau kan. Dihafal dan diingat ya^^. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Mengenal Bulan Hijriah dan Makna Dibaliknya

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in