[Review] Trickster, Kisah Misteri yang Penuh Kejutan


[Review] Trikster, Kisah Misteri yang Penuh Kejutan
Trickster (Source: Webtoons / Via : Google)

KASPALA – Hai kawan, pekan ini saya ingin membahas mengenai komik baru berjudul Trickster. Mungkin bagi para pembaca Line Webtoon, komik bergenre drama-misteri ini sudah tak asing lagi. Namun jujur saya akui, baru-baru ini saja saya mulai membaca Trickster, dan dalam 19 episode ini, saya dibuat kalap dan terkesima dengan misteri yang tersembunyi dibalik cerita ini.

Saat pertama membaca judulnya, jujur saja pikiran saya langsung terarah kepada anime yang sedang berlangsung musim ini, dengan judul sama yakni Trickster: Edogawa Ranpo yang ditayangkan di channel Aniplus. Dan kesamaan rambut putih milik salah satu tokoh utama juga berperan dalam membelokan fokus saya kala itu. Jadi tak heran jika beberapa orang beranggapan bahwa ada tindakan ‘penjiplakan’ di sini, meski jujur saya tak berfikir demikian. Karena bahkan sinopsisnya sendiri memang jauh berbeda. Namun selain itu ada pula banyak kisah mulai dari game, anime dan novel dengan judul serupa. Jadi hal ini tidak bisa dikatakan sebagai tindak penjiplakan sama sekali.

Originalitas

Pribahasa “jangan menilai kacang dari kulitnya,” sepertinya berperan besar dalam kasus ini, dimana jika Anda beranikan diri membaca komik ini barang satu atau lima chapter, Anda akan mengerti apa maksud saya. Rasanya sangat tidak sopan mengatakan bahwa karya ini adalah hasil ‘menyadur’ karena saya bisa merasakan beban kreatifitas dan usaha keras si penulis sepanjang saya membaca komik satu ini.

Mengapa dikatakan demikian? Terlepas dari adanya beberapa kesamaan yang ‘normal’, dalam hal ini saya rasa sang penulis berusaha membuat karya yang se-original mungkin. Dan keberaniannya tetap melanjutkan karyanya dalam tekanan kata ‘original’ ini juga jadi poin plus untuk sang penulis. Terima kasih banyak Mas Hiro dan Kairnn, semoga ceritanya terus berlanjut dan sukses di pasaran.

Thanks untuk kisah super keren ini, dan saya nantikan kelanjutannya.

Ringkasan Cerita Sejauh Ini

Kembali membahas cerita, pada dasarnya Trickster ini mengisahkan tentang seorang siswa dengan kecerdasan dan trick andal dalam menyontek. Kurang lebih itulah kesan yang saya dapatkan dari episode awal. Dan kemudian berlanjut membahas mengenai trick menyontek, dan kebiasaan buruk para siswa di dalam kelas dan di belakang guru, terutama para guru Killer yang juga disoroti lebih spesial oleh penulis.

Namun ternyata tak hanya sebatas itu saja, cerita mulai berkembang di episode selanjutnya, dimana sisi gelap dari sekolah yang menjadi latar cerita, yakni SMA Nusantara 1 Gresik dikuak. Mulai dari organisasi rahasia yang bertugas mendisiplinkan siswa di balik layar, yang memberikan tekanan tersendiri dan berbagai masalah moral juga dibahas dalam komik ini.

Pada tahap ini saya mengira bahwa ini akan jadi kisah pertarungan antara si master Nyontek dan Organisasi Disiplin ‘NETRA’ yang merupakan mata-mata kepsek. Namun rupanya alur cerita tak hanya sampai di sana saja, terlalu sederhana memang. Si penulis mampu menggali permasalahan jauh lebih mendalam, hingga melibatkan kondisi moral yang bobrok di suatu bangsa. Dan dengan itu ia juga memasukkan satu fraksi ‘Ketiga’ dalam cerita, yakni pihak yang ingin menghancurkan sistem pendidikan yang dianggap bobrok dan gagal, dengan kata lain ingin menentang ‘NETRA’, dan mengatas namakan diri mereka sebagai ‘TRICKSTER.’ di sinilah saya mulai mengerti asal judul komik ini.

Di sesi ini juga kesan misterinya mulai terasa makin memanas. Dimana si tokoh ‘KETIGA’ ini masih disembunyikan sosok aslinya, namun diungkap sedikit mengenai latar belakang tindakannya melakukan pemberontakan sampai membombardir 13 sekolah sekaligus (dalam artian sebenarnya).

[Review] Trikster, Kisah Misteri yang Penuh Kejutan
Angga dan Rian ‘Trickster’ (Source: Webtoons / Via : Google)

REVIEW TRICKSTER

Daya Tarik

Saya tidak mengatakan bahwa trik menyontek disini tidak menarik, sebenarnya ini adalah salah satu topik yang cukup menarik perhatian. Dan juga bisa dikatakan sebagai salah satu senjata dalam beberapa cerita, komik atau film untuk menunjukkan kecerdasan dan kejeniusan si tokoh.

Namun Bintang Terang Sekalipun Takkan Terlihat di Samping Mentari. Perhatian saya setelah membaca beberapa chapter lagi membuat saya sadar, bahwa trik menyontek bukanlah daya tarik utama di komik Trickster ini. Dalam beberapa chapter berikutnya juga dibahas mengenai kehadiran sebuah buku misterius yang merupakan sumber permasalahan utama yang melahirkan tokoh ‘Angga Ardiansyah’ sebagai si master menyontek, ‘James‘ (mana asli masih misterius) yang memakai nama ‘TRICKSTER’ dan juga berkaitan dengan masa lalu ‘Rafael Riantama’ yang juga diketahui oleh Angga.

Buku ini dikatakan menyimpan berbagai trik menyontek yang dipakai Angga dan juga menjadi referensi dari semua trik yang dipakai James dalam aksinya. Bahkan di chapter 18 dan 19 juga dikatakan oleh ‘James’ bahwa buku itu ditulis oleh seorang anak SD jenius yang kemudian menjadi referensi dari kisah yang ditulis oleh adik James yang dikatakan telah meninggal. Adik James ini juga tampaknya cukup jenius, karena mampu menulis naskah novel dengan rinci dan memukau saat masih duduk di bangku SD, dan James juga menjelaskan bahwa adiknya mati dibunuh dan dikatakan bodoh oleh ‘DIA’ yang masih belum jelas siapa maksudnya.

Namun di chapter ke-18 Angga mengatakan buku itu sebagai ‘Bukuku yang hilang‘, namun masih belum jelas apakah dia yang menulis buku TRICKSTER itu atau bukan. Dan dia juga mengatakan ada kejadian tertentu saat masih SD, dan dia juga sepertinya kenal baik dengan Rafael Riantama yang dia panggil dengan nama ‘Rian’.

Tokoh dan Penokohan

Angga Ardiansyah

Murid pindahan yang baru masuk ke SMA Nusantara 1, Digambarkan memiliki wajah cukup ganteng dan unyu dengan rambut putih dan pandangan mata yang tajam. Dia juga sangat percaya diri dengan trik menyonteknya, hingga berani mengaku memiliki hobi menyontek di depan kelas. Dia juga menyukai tantangan dan tak ragu mengorbankan teman sekelasnya sebagai umpan untuk rencana menyonteknya.

Namun bukan berarti Angga ini bodoh, dia justru sangat cerdas dan cukup rajik, karena menyempatkan diri belajar untuk bahan contekan yang akurat. Nyontek baginya benar-benar hanya hobi, seperti tantangan pemacu adrenalin. Dan dia juga sangat menyukai tantangan, terbukti dari kegembiraannya ketika mengetahui bahwa sekolah ini memiliki aturan ketat dan kepsek yang punya banyak mata-mata.

Rafael Riantama (Rian)

Salah satu anggota inti dan terpenting di ‘NETRA’ sekaligus teman masa kecil Angga (meski Rian sudah lupa). Sebagai anggota ‘NETRA’ Rian cukup percaya diri dan ia juga cukup mempercayai dan setuju dengan metode pendidikan sang kepala sekolah. Tak ragu menyebut temannya yang lain sebagai ‘Sampah’ karena tak mampu mengikuti pelajaran tanpa berbuat curang.

Dia juga sepertinya memiliki rasa idealisme cukup tinggi dan sudah muak dengan kondisi masyarakat, khususnya di kalangan pendidikan yang penuh kecurangan, korupsi dan lain sebagainya.

[Review] Trikster, Kisah Misteri yang Penuh Kejutan
Rian dan James ‘Trickster’ (Source: Webtoons / Via : Google)
James (TRICKSTER KW)

Hacker yang mengaku sebagai ‘TRICKSTER’ yang sosoknya masih misterius, selain memiliki dendam pada entah siapa. Dan dia juga tampaknya memiliki idealisme yang cukup kuat. Bisa dibilang ia adalah sosok invers dari Rian, dimana jalan yang diyakininya untuk mengatasi kebobrokan moral bangsa cukup berlainan dengan James. Rian lebih kepada memaksakan kedisiplinan dan prestasi akademik kepada pelajar, sementara James berpendapat untuk memberi kebebasan kepada pelajar untuk menggali potensi mereka masing-masing, sesuai dengan minat dan keahlian.

Sosok James ini menurut saya ada kaitannya dengan ‘Danial Futaki’, ketua OSIS yang sempat memperkenalkan diri dan menunjukkan ketertarikan kepada Angga di chapter 12. Danial ini juga dikenal sebagai sosok pemberontak yang cukup berani, bahkan hingga mampu melawan kepsek untuk menghapus beberapa peraturan sekolah.

[Review] Trikster, Kisah Misteri yang Penuh Kejutan
Danial Futaki ‘Trickster’ (Source: Webtoons / Via :
“~ Alasan saya pakai KW di nama James ini karena dia bukan si TRICKSTER asli, yang merupakan tokoh di novel adiknya dan kemungkinan adalah si penulis buku TRICSTER tersebut.”

Kepala Sekolah

Saya lupa namanya, tapi dari penampilannya yang singkat beberapa kali, saya rasa dia ini tipe kepala sekolah sejenis Gakuhō Asano di Gakuhō Asano dalam Assassination Classroom yang memiliki konsep ‘Goon in Study is Best’. Bukan berarti saya bilang dia ngambil konsep dari situ, toh cukup banyak tokoh dengan pemahaman tersebut di cerita lain juga. Namun yang jelas ia masuk golongan ini.

Selain mereka, ada pula beberapa tokoh lain yang tak kalah menarik. Seperti tokoh IRENE, si gadis pencuri maniak Cosplay yang menjadi rekan James, mungkin pacarnya? Lalu ada juga si anak baru di ‘NETRA’, Naura Jasmine yang mulai deketin Angga, meski posisinya masih misterius. Serta banyak lagi seperti si hidung plester dan 5 anggota NETRA lainnya.

[Review] Trikster, Kisah Misteri yang Penuh Kejutan
Naura dan Irene ‘Trickster’ (Source: Webtoons / Via : Google)

Kesan

Menurut saya, ceritanya cukup dalam dan menyimpan banyak misteri menarik, yang membuat saya penasaran dan tak sabar menunggu kelanjutan ceritanya. Awalnya ketertarikan saya adalah pada teknik menyontek Angga, namun kemudian beralih ke kasus ‘TRICSTER’ ini, termasuk bagaimana kisah SD Angga yang berkaitan dengan buku misterius ‘TRICSTER’ dan siapa penulisnya.

Saya juga masih belum bisa menangkap siapa yang akan jadi Hero di kisah ini, atau lebih tepatnya siapa yang dipilih ‘TRICKSTER’ sebagai ‘SHERLOCK’ di chapter 9. Entah maksudnya kepada Rian, karena dia memberi pesan kepada Rian, atau justru kepada Angga yang juga sepertinya sudah mulai mendapat pencerahan mengenai sosok TRICSTER si Kacamata Berkumis.

Kesimpulan

Sekadar pendapa saya saja sih, namun kisah yang baru menginjak 19 episode ini rasanya memang pantas untuk dinantikan dan dinikmati. Baru episode awal-awal saja sudah bikin penasaran, dan pengembangan ceritanya juga digarap dengan baik dan terarah.

Komik Tricskter di Webtoon ini jujur saya rekomendasikan untuk Anda yang menyukai kisah detektif, atau yang berisi misteri dan trik keren. Jika merasa bosan dan jenuh di bagian awal cerita, sebaiknya lanjutkan saja membaca ke chapter berikutnya, karena kemungkinan Anda akan menemukan ‘kenikmatan’ dan ‘daya tarik’ yang saya rasakan.

Nah, jika sudah membaca, jangan lupa masukkan kesan kalian di kolom komentar, atau jika ada kesalahan dan ada beberapa hal yang menurut kalian kurang tepat, bisa kalian sampaikan juga via komentar di blog ini. Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[Review] Trickster, Kisah Misteri yang Penuh Kejutan

log in

Become a part of our community!

reset password

Back to
log in